Foto: www.bca.co.id frame
Ini Tips Keamanan Bank Edisi Bank BCA
Kami memahami bahwa riwayat perbankan Anda penting dan sangat pribadi. Dengan BCA , transaksi perbankan dikelola langsung oleh ahlinya. BCA selalu berupaya mendukung segala jenis transaksi perbankan bagi nasabahnya. Dengan BCA , operasi perbankan Anda berada di tangan yang tepat.
Waspadalah terhadap phising!
Phishing adalah penipuan yang digunakan oleh pihak tertentu untuk mendapatkan informasi rahasia tentang pelanggan, seperti ID pengguna dan PIN . Ada beberapa cara, antara lain:
- Membuat website palsu dengan alamat yang sama dan terlihat seperti website resmi bank.
- Mengirim tautan URL ke situs sedekat mungkin dengan situs resmi bank adalah salah
- Kirim email atau BBM dengan tautan URL atau layar login dan minta pelanggan masuk dengan ID pengguna dan PIN .
- Asumsikan identitas karyawan bank dan minta data pelanggan untuk alasan tertentu
Tips Keamanan:
- Pastikan Anda login ke alamat website resmi BCA Internet Banking KlikBCA http://www.klikbca.com dan klik tombol login atau langsung ke halaman login BCA Internet Banking https: // ibank .klikbca.com atau Setelahnya login melalui smartphone, buka https://ibank.klikbca.com http://m.klikbca.com
- Klik BCA untuk menghindari kesalahan saat mengetik alamat web, simpan alamat web di menu Favorit atau Bookmark. Jadi jika Anda ingin bergabung dengan BCA Internet Banking di kemudian hari, pilih Favorit atau Bookmark dari menu.
- Harap diperhatikan bahwa BCA tidak mengirimkan email kepada nasabah seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika Anda menerima email seperti BCA, Anda harus:
- Email halobca@bca.co.id atau hubungi Halo BCA di 1500888 .
- Hapus surat itu.
- Jika Anda telah memasukkan informasi yang diminta atau yakin bahwa User ID dan PIN Anda bukan lagi milik pribadi, silakan hubungi Halo BCA di 1500888 .
Tips Aman Bertransaksi Internet Banking
Dalam melakukan transaksi BCA Internet Banking untuk kenyamanan dan keamanan Anda, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
- KeyBCA hanya digunakan untuk tindakan berikut:
- Melakukan transaksi keuangan: transfer, pembayaran, pembayaran e-commerce , dan pembelian.
- Daftarkan rekening tujuan transfer, ubah alamat email, daftarkan aplikasi kartu kredit BCA , tambah/hapus koneksi KeyBCA, aktivasi KeyBCA, dan aktivasi ClickPay BCA .
- BCA tidak pernah menanyakan nomor/jawaban KEYBCA kecuali pada transaksi yang disebutkan di atas. Jika Anda memasukkan nomor dari KeyBCA non-transaksi di atas, segera hubungi Halo BCA di 1500888.
- Jangan meminjam, mentransfer, atau membagikan PIN KYBCA Anda kepada orang lain.
- Periksa secara berkala daftar rekening tujuan transfer. Anda dapat menghapus akun tujuan yang tidak lagi Anda perlukan dengan masuk ke Administrasi - Hapus daftar transfer.
- Saat melakukan operasi transfer, pastikan nama dan nomor rekening penerima transfer sudah benar.
- Pastikan Anda login ke BCA Internet Banking di http://www.klikbca.com dari situs resmi KlikBCA dan klik tombol login atau langsung ke halaman login BCA Internet Banking https: // ibank .klikbca. com atau smartphone Akses https://m.klikbca.com dari browser dan KlikBCA juga dapat diakses melalui menu di perangkat mobile BCA.
- KlikBCA Untuk menghindari kesalahan pengetikan alamat website , simpan alamat website pada menu Favorites atau Bookmarks, kedepannya jika ingin mengakses BCA Internet Banking di kemudian hari, cukup pilih dari menu Favorites atau Bookmarks.
- Verifikasi sertifikat SSL Anda untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL valid yang terdaftar di ibank.klikbca.com atau m.klikbca.com .
- Pastikan halaman yang Anda akses saat ini menunjukkan bahwa browser Anda memiliki gambar kunci/kunci dalam SSL terenkripsi. Jika Anda tidak melihat gambar kunci/kunci, logout.
- Pastikan Anda memutuskan sambungan meskipun Anda membiarkan komputer menyala untuk sementara waktu.
- Kami tidak menyarankan penggunaan Internet Banking BCA di warnet atau jaringan yang tidak dapat diverifikasi secara aman.
- Berhati-hatilah saat mencoba mengganti pegawai bank/ BCA melalui telepon, fax, atau email dengan meminta data pribadi, termasuk PIN bank Internet dan PIN KEYBCA Anda. Karena pegawai BCA tidak akan atau tidak akan meminta PIN.
- Ganti PIN Anda secara berkala dengan kombinasi angka unik yang sulit ditebak orang lain.
- Jika Anda menerima pesan yang menyatakan bahwa sertifikat tidak valid, harap logout dari Internet Banking BCA dan segera hubungi Halo BCA di 1500888 .
Waspadalah terhadap virus / worm, trojan, mata-mata dan bot
Virus / Cacing
Virus/worm adalah program komputer yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Virus / Worms dapat merusak sistem operasi, aplikasi, dan data komputer Anda.
Perbedaan antara virus dan worm adalah cara penyebarannya. Virus mengambil ruang multimedia (misalnya, dilampirkan ke file atau disimpan di sektor boot hard drive ) dan biasanya dilihat melalui stik USB, lampiran email, file yang diunduh dari Internet, atau situs web yang dirancang khusus untuk distribusi . . virus. Saat cacing menyebar di jaring. Ada juga program hibrida antara virus dan worm , yang disimpan di media tetapi tersebar di seluruh jaringan.
Beberapa contoh dampak dari infeksi virus/cacing:
- Komputer menjadi tidak stabil dan sering “membeku” (hang).
- Komputernya lambat
- Data hard disk rusak atau dikirim ke bagian lain jaringan
- Tidak dapat menggunakan program aplikasi
- Kata sandi yang diketik di keyboard dapat disadap dan dikirim ke orang lain untuk tujuan penipuan.
Trojan
Ini adalah jenis virus Trojan yang menyamar sebagai file berbahaya lainnya, seperti dokumen Excel yang dilampirkan ke email. Pengguna komputer ditipu untuk melakukan hal-hal yang dapat menyebarkan Trojan, seperti membuka lampiran dengan berpikir bahwa itu adalah file Excel biasa, padahal sebenarnya berisi Trojan.
Setelah berhasil menginfeksi komputer, Trojan dapat berperilaku serupa dengan virus lain dalam informasi yang merusak atau sensitif, termasuk ID pengguna dan kata sandi, tanpa pihak lain mengetahui komputer pengguna yang terinfeksi.
Spyware
Spyware adalah program komputer yang dirancang untuk "mencuri" informasi sensitif / pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimkannya ke lokasi tertentu di Internet untuk diambil oleh pembuatnya. Informasi yang memiliki tujuan utama, seperti nomor kartu kredit, ID pengguna dan PIN/sandi, nomor rekening, alamat email, dan lainnya.
Spyware dapat diinstal dari lampiran email, program yang diinstal dari sumber yang tidak dikenal, atau dari situs web "berbahaya".
Namun, tidak seperti kebanyakan virus berbahaya, spyware bekerja secara tidak terlihat, sehingga tidak dapat dilacak, sehingga lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh pembuat / distributor spyware.
bot (robot)
Bot adalah jenis program komputer yang memungkinkan orang lain mengontrol komputer dari jarak jauh melalui jaringan. Pembuat / distributor boot dapat melakukan apa saja dengan komputer Anda.
Biasanya, komputer yang dipindai digunakan untuk mengirim spam, virus, worm, atau menyerang komputer lain.
Tips Keamanan:
- Gunakan antivirus terbaru di komputer Anda dan pastikan Anda memindai komputer Anda secara real time.
- Hapus pesan atau email yang mencurigakan dari pengirim yang tidak dikenal dan pindai lampiran email sebelum dibuka.
- Gunakan firewall di komputer Anda dan pastikan pengaturan firewall dapat melindungi komputer Anda
- Pastikan sistem operasi dan perangkat lunak lain Anda mutakhir.
- Pastikan Anda hanya mengunduh file dari situs web aman dan memindai file dari Internet sebelum menggunakannya
- Pindai sebelum menggunakan memori USB.
- Temui transaksi online yang biasa Anda proses. KeyBCA hanya digunakan untuk tugas-tugas tertentu. Jika Anda diminta untuk memberikan respon KeyBCA di luar proses normal, harap segera memberitahu Halo BCA 1500888 .
BCA Tips Aman Bertransaksi di Perangkat Seluler
Untuk mengamankan transaksi BCA mobile:
Pastikan Anda mengunduh BCA Mobile melalui situs resmi BCA, antara lain:
- Buka www.klikbca.com dan pilih menu " BCA Mobile ", atau kunjungi www.bca.co.id , pilih bagian "Produk dan Layanan" E-Banking dan klik menu " BCA Mobile ", lalu pilih Unduh menunya. Anda akan langsung diminta untuk mendownload BCA Mobile .
- Buka Blackberry App World / Google Play Store ( Android Market ) / iPhone App Store (berdasarkan jenis ponsel nasabah), cari BCA Mobile App , dan unduh.
- Akses langsung ke https://downloadmbank.klikbca.com/mbca
Pilih jaringan nirkabel yang menggunakan kata sandi keamanan jaringan atau jenis keamanan lainnya, dan tidak disarankan menggunakan WiFi publik untuk transaksi BCA di ponsel Anda , karena keamanan WiFi publik / jaringan publik tidak terjamin.
Untuk transaksi menggunakan m-BCA :
- Rahasiakan kode sandi Anda untuk melindungi akses Anda ke menu m-BCA.
- Jaga kerahasiaan PIN m-BCA Anda untuk memastikan konfirmasi transaksi.
- Pastikan Anda keluar dari BCA Mobile setelah selesai menggunakan m-BCA , meskipun dalam waktu singkat.
Untuk transaksi yang menggunakan KlikBCA versi smartphone :
- Verifikasi sertifikat SSL untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL valid yang terdaftar di m.klikbca.com
- Pastikan halaman yang Anda akses saat ini menunjukkan bahwa browser Anda memiliki gambar kunci/kunci dalam SSL terenkripsi. Jika Anda tidak melihat gambar kunci / kunci, logout
- Rahasiakan PIN bank internet Anda untuk mengamankan akses ke KlikBCA .
- Jangan memberikan atau menjual KYBCA Anda kepada orang lain
- Pastikan Anda sign out setelah selesai menggunakan KlikBCA , meskipun dalam waktu yang singkat.
Ubah Kode Akses, PIN M-BCA, PIN Bank Internet, dan PIN KEYBCA Anda secara berkala menjadi kombinasi angka/huruf unik untuk orang lain yang sulit ditebak.
Waspadalah terhadap upaya penipuan oleh bankir/pegawai BCA untuk meminta informasi pribadi melalui telepon, fax atau email, antara lain Kode Akses, PIN M-BCA, PIN Bank Internet dan PIN KYBCA . Karena karyawan BCA tidak akan mengemis, mengemis
Jika Anda menerima pesan yang menyatakan bahwa aplikasi/sertifikat/layanan tidak valid, harap logout dari BCA Mobile dan segera hubungi Halo BCA di 1500888 .
Tips aman bertransaksi ATM
- Ganti kode PIN ATM secara berkala
- Jangan melayani di ATM
- Jangan meninggalkan kartu ATM dan tidak memberikan PIN kepada orang lain (pegawai bank tidak pernah menanyakan PIN kepada nasabah).
- Matikan tombol pinpad secara manual saat memasukkan PIN di ATM
- Jika Anda memiliki masalah dengan ATM, segera hubungi Halo BCA di 1500888.
Tips Aman Bertransaksi di EDC
- Cek biaya transaksi
- Selalu periksa lokasi peta
- Masukan manual saat Anda memasukkan kode pin
- Ajukan permohonan bagian belakang kartu paspor BCA Anda
- Jangan bagikan PIN Anda kepada orang lain, termasuk karyawan bank atau kerabat.
- EDC , 1500888 Halo BCA .
নিরাপত্তা টিপস
- , .
- , .
- , .
- pin .
- , /
" " "সমসমপপকেকে, সহায়ক . , . . ***
: http://www.bca.co.id/id/tips-keamanan/tips-keamanan.jsp
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.