Tuesday, 26 July 2022

Pengertian Google AdSense dan Cara Kerjanya

Pengertian Google AdSense dan Cara Kerjanya - Google AdSense ( GA ) tentu bukan hal baru di dunia blogging, apalagi orangnya (blogger) adalah pengelola web tersebut. Kehadiran GA sangat membantu para pemilik website/blogger. Karena GA memberikan keistimewaan dan kekuasaan kepada blogger yang sudah memiliki GA di blognya (tutorialnya bos udah dapet GA tadi, sayangnya dia dibanned , hehehe, nanti saya coba daftar lagi, ahh).

Pengertian Google AdSense dan Cara Kerjanya

Menurut situs resmi Google , Google AdSense adalah cara gratis dan mudah bagi semua penerbit situs web, besar dan kecil, untuk menghasilkan uang dengan menampilkan iklan Google yang ditargetkan di situs web mereka. AdSense memungkinkan Anda menyediakan pencarian Google kepada pengguna. Hasilkan uang dengan menampilkan iklan Google di situs web dan halaman hasil pencarian Anda.

Google AdSense biasanya disingkat GA . Lihat di bawah untuk detailnya.

Pelajari tentang Google AdSense dan cara kerjanya

Apa itu Adsense?
Adsense adalah program afiliasi periklanan online yang dijalankan oleh Google. Program periklanan AdSense memungkinkan pemilik situs web atau blog yang telah terdaftar dan menjadi anggota untuk menempatkan unit iklan yang disetujui di halaman web mereka, yang bentuk dan isinya ditentukan oleh Google. Pemilik website atau blog akan memperoleh pendapatan dari Google berupa bagi hasil untuk setiap iklan yang diklik pengunjung website, yang dikenal dengan sistem bayar per klik (PPC) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan bayar per klik, Google AdSense menawarkan AdSense untuk Pencarian ( AdSense for Search) dan iklan rujukan ( Referral ). Dengan AdSense untuk Pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan memperoleh pendapatan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan oleh pengunjung melalui kotak pencarian ini yang mengklik iklan yang termasuk dalam hasil pencarian. Dalam iklan rujukan, pemilik situs menerima pendapatan jika klik pada iklan diikuti oleh tindakan pengunjung tertentu yang disepakati antara Google dan pengiklan.

Syarat Adsense
penerbit
Penerbit atau Penerbit Iklan adalah individu atau pemilik situs web yang terdaftar atau diberi wewenang oleh operator aplikasi iklan untuk menampilkan iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang mempublikasikan iklan Google Ads disebut dengan publisher Google Adsense. Sebelumnya, penerbit Google Adsense harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Adsense dan hanya dapat menjalankan iklan Google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap penerbit Google Adsense hanya dapat memiliki satu akun Google Adsense, tetapi mereka dapat memasang Google Ads di semua situs mereka yang memenuhi syarat untuk program Google Adsense .

Blok iklan
Unit iklan adalah iklan AdSense. Blok iklan datang dalam berbagai jenis dan ukuran . Jenis yang paling umum adalah iklan teks. Saat pengunjung mengklik unit iklan ini (jika valid), pengiklan memperoleh pendapatan berdasarkan nilai BPK-nya.

Ubah unit

Link block hampir sama dengan ad block , hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita lihat di website. Apa yang membuat blok tautan berbeda dari blok iklan adalah ketika pengunjung mengklik iklan, mereka akan diarahkan ke halaman hasil mesin pencari Google . Penayang baru akan memperoleh penghasilan saat pengunjung mengeklik salah satu unit iklan laman . Faktanya, blok tautan menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada blok iklan biasa .

Adsense untuk konten
AdSense untuk konten adalah iklan AdSense yang ditempatkan pada sebuah halaman. Iklan yang ditampilkan adalah iklan yang terkait dengan konten halaman. Atau kata tersebut menggunakan konsep kontekstual. Unit iklan dan unit tautan disertakan dalam AdSense untuk konten ini .

Periklanan Alternatif
Iklan tidak selalu tampil di AdSense untuk Konten . Alasannya mungkin, antara lain, daftar iklan yang terkait dengan konten situs telah habis atau Google tidak dapat menebak apa isi situs yang sebenarnya. Jika hal ini terjadi, yang ditampilkan secara default adalah Iklan Layanan Masyarakat atau sering dikenal dengan PSA ( Iklan Layanan Masyarakat ). Karena ini adalah bentuk donasi, mengklik iklan ini tidak menghasilkan apa pun untuk penerbit. Untuk menyiasatinya, Google mengizinkan kita untuk memasang iklan alternatif atau iklan alternatif. Jika unit iklan yang Anda buat dikonfigurasi dengan iklan alternatif dan unit iklan tidak dapat ditampilkan, iklan alternatif yang disesuaikan akan ditampilkan.

saluran
Saluran adalah jenis label yang dapat ditetapkan ke unit iklan, unit tautan , AdSense untuk penelusuran , dan transisi . Sebuah unit iklan dapat berisi beberapa tag, dan sebaliknya, sebuah tag dapat digunakan untuk beberapa unit iklan. Halaman laporan Google AdSense akan mengelompokkan hasil laporan berdasarkan saluran , sehingga dengan menggunakan saluran akan memudahkan penerbit untuk menganalisis kinerja AdSense . Biasanya, penayang menetapkan nama saluran yang sama untuk unit iklan di situs. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, Anda dapat memberikan nama saluran yang berbeda untuk setiap unit iklan di setiap situs. Harap dicatat bahwa saat ini jumlah saluran maksimum yang diizinkan adalah 200 saluran.

Tayangan per halaman
Tayangan halaman adalah angka yang menunjukkan berapa kali pengunjung membuka halaman dengan unit iklan . Nilainya tidak terpengaruh oleh jumlah unit iklan di halaman masing-masing.

klik
Klik adalah jumlah klik pada unit iklan penerbit. Pada halaman laporan AdSense , penayang dapat melihat jumlah total klik berdasarkan unit iklan atau saluran mereka.

rasio klik-tayang (rasio klik-tayang)
Rasio klik tayang adalah rasio jumlah klik yang diterima unit iklan dengan persentase tampilan yang diterima unit iklan . Misalnya, unit iklan yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki RKT 25% (10:40).

BPK (biaya per klik)
BPK adalah jumlah yang diterima penerbit untuk mengklik unit iklan tertentu. BPK untuk setiap unit iklan bervariasi dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk kinerja dan kualitas situs penerbit. Namun secara umum, nilai maksimum yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang diajukan oleh pengiklan.

BPSe (biaya efektif per seribu tayangan)
eCPM atau CPM ( Cost Per Million ) adalah hasil pembagian total pendapatan penerbit dengan jumlah tayangan halaman (per 1.000) yang dihasilkan dari iklan mereka. Misalnya, penerbit yang menghasilkan $200 per 50.000 tayangan akan memiliki CPM $4 ($200 dibagi 50).

Kebijakan program Adsense
Meskipun program AdSense menawarkan manfaat besar, Google menerapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pengiklan, yang sering kali menjadi anggota program AdSense dan mengalami tindakan tidak etis oleh pemilik situs. Pemilik situs web atau blog yang berpartisipasi dalam program AdSense harus mematuhi batasan Google tertentu:
  • Klik pada iklan yang ditampilkan di situs Anda baik secara manual atau menggunakan perangkat lunak khusus.
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, seperti dengan mengatakan "klik iklan ini" atau "lihat halaman ini";
  • Ubah ukuran dan bentuk default unit iklan Google
  • Buat tautan AdSense langsung untuk laman hasil penelusuran.
  • Secara otomatis mengisi kotak pencarian AdSense dengan kata kunci tertentu.
  • Kelola tujuan iklan dengan kata kunci atau IFRAME tersembunyi
  • Kode unit iklan AdSense harus dimasukkan langsung ke dalam kode html situs web tanpa modifikasi apa pun. Pemilik situs tidak diperbolehkan untuk mengubah kode AdSense untuk alasan apapun, seperti menampilkan hasil klik di pop-up atau mengarahkan target iklan.

Pengoptimalan Pendapatan AdSense
Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik website mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang ditampilkan. Beberapa praktik terbukti ilegal dan bertentangan dengan kebijakan program AdSense resmi . Metode lain diperbolehkan, bahkan didorong oleh penggunaannya oleh Google. Beberapa metode dianggap valid:
  • Ubah warna unit iklan menggunakan palet warna AdSense.
  • Menempatkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi.
  • Hapus batas unit iklan dan cocokkan warna latar belakangnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan menyatu dengan konten di halaman.

Google Adsense dilarang
Larangan Google Adsense adalah larangan menampilkan iklan Google di situs penerbit, dengan sanksi yang dikenakan oleh Google Adsense kepada penerbit yang melanggar kebijakan program. Ada berbagai jenis larangan Google, pertama, iklan dinonaktifkan untuk mencegah iklan muncul di halaman tertentu yang dianggap melanggar kebijakan program. Situs web kemudian dinonaktifkan sehingga situs web tidak dapat menampilkan iklan di semua halamannya. Dan yang terakhir adalah penonaktifan akun AdSense , hukuman untuk pelanggaran serius di mana penerbit tidak dapat lagi menampilkan iklan di semua situs web mereka dan tidak dapat mendaftar secara permanen ke Google AdSense .

Posting panduan ini " Memahami Google Adsense dan cara kerjanya " diambil langsung dari situs web resmi GA dan Wikipedia (klik tautan di bawah untuk informasi lebih lanjut). Ini mungkin berguna. Halo blogger dan semoga sukses.


Referensi:
- Situs resmi Google Adsense
- Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Cara Share Posting Blog Otomatis Ke Google Plus Terbaru

Berbagi postingan/link di blog, wordpress, mywapblog, tumblr, halaman profil atau grup media sosial tips SEO untuk meningkatkan traffic, pen...